Ketua DPR AS Nancy Pelosi akan Kunjungi Asia, Tidak Sebut Taiwan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke Jepang, Korea Selatan, Singapura dan Malaysia mulai hari Minggu (31/7), tetapi tidak menyebutkan Taiwan setelah laporan tentang kemungkinan perjalanannya ke pulau itu memicu protes dari China.

Pelosi mengatakan delegasi kongres yang dipimpinnya akan membahas keamanan, perdagangan, pandemi COVID-19, krisis iklim, hak asasi manusia, dan pemerintahan demokratis selama tur.

"Hari ini, delegasi Kongres kami melakukan perjalanan ke Indo-Pasifik untuk menegaskan kembali komitmen kuat dan tak tergoyahkan Amerika kepada sekutu dan teman kami di kawasan ini," kata Pelosi dalam siaran pers.

China telah meningkatkan tekanannya pada Taiwan, yang dipandang Beijing sebagai provinsi pemberontak yang menunggu penyatuan kembali dengan daratan, dengan paksa jika perlu.

Pada saat yang sama, pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah meningkatkan hubungan dengan pulau demokrasi yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Kunjungan Pelosi akan menjadi yang pertama dari seorang ketua DPR AS yang menjabat dalam 25 tahun.

Kunjungan potensial itu mendapat peringatan keras dari China, dengan militer negara itu mengatakan "tidak akan tinggal diam" jika ingin dilanjutkan. Pada panggilan telepon hari Kamis (28/7) antara Biden dan Presiden China Xi Jinping, kedua pemimpin juga bertukar peringatan atas tindakan destabilisasi mengenai Taiwan.

Selama tinggal di Jepang, Pelosi kemungkinan akan mengadakan pertemuan terpisah dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Jepang Hiroyuki Hosoda, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pada bulan April, Pelosi menunda kunjungan yang direncanakan ke Asia termasuk Jepang setelah dinyatakan positif terkena virus corona. Dia juga mempertimbangkan untuk mengunjungi Taiwan selama perjalanan, media Taiwan dan Jepang melaporkan. (kyodo/dd)